Heartless Background

Friday 17 May 2013

Jenis bass


Macam-macam Jenis Bass

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang beberapa tipe bass yang sering di gunakan oleh banyak band maupun musisi. Dari yang sering saya lihat ada 3 macam jenis bass yang sering digunakan yaitu bass dengan 4 senar, bass dengan 5 senar, dan bass dengan 5 senar. Dari ketiganya secara umum yang paling sering digunakan adalah yang 4 senar karena selain mudah dimainkan oleh pemula juga susunan/variasi kuncinya tidak terlalu ribet, biasanya yang menggunakan senar 5 atau 6 yang kemampuannya sudah professional. Untuk susunan nada ketiganya tidak jauh berbeda ,dibawah ini ada uraian singkatnya...

Bass 4 Senar
Bass dengan 4 senar adalah yang paling sering digunakan oleh para bassist serta memiliki susunan senar E-A-D-G(dari senar atas ke senar bawah) . Bass jenis ini sangatlah mudah ditemui karena sebagian besar studio musik menggunakan bass jenis ini karena bass ini cocok untuk pemula maupun yang sudah expert. Nah ini dia susunan nada-nada beserta kunci-kuncinya.(klik untuk memperbesar)

Bass 5 Senar
Bass ini memiliki susunan nada B-E-A-D-G ,susunan nada/kunci di bass jenis ini pun sama seperti bass senar 4,hanya ditambah senar satu lagi yang bernada B di senar paling atas. Terkadang jika menemui bass jenis ini di studio musik saya tidak memainkan senar paling atas dan hanya memainkan 4 senar yang ada di bawahnya(E-A-D-G) ,soalnya kuncinya sama seperti bass 4 senar. Nah ini dia susunan nadanya(klik untuk memperbesar)

Bass 6 Senar
Untuk bass jenis ini saya belum pernah mencobanya secara langsung, hanya pernah melihat bass jenis ini di toko alat musik. Kata teman saya yang jago main bass ,bass jenis ini memiliki susunan senar B-E-A-D-G-C. Untuk bass jenis ini saya juga agak bingung kenapa senar C ditaruh di paling bawah dan kenapa tidak di atas senar B. Dan setahu saya bassist yang menggunakan jenis ini adalah John myung, meskipun biasanya ia juga menggunakan yang 5 senar. Nah daripada bingung mending saya kasih susunan nada-nadanya di bawah ini dan mohon koreksi jika ada kesalahan(klik untuk memperbesar)

Sebenarnya masih ada bass jenis lain mulai dari yang bersenar 7 hingga 12 . Tapi karena saya belum mengetahui lebih banyak tentang jenis tersebut maka saya belum akan membahas itu. Bagi Brothers yang juga suka main bass silakan comment di bawah ya....ditunggu ya atau di buku tamu yang tersedia di samping kanan blog ini :-)

No comments :

Post a Comment