Heartless Background

Saturday, 18 May 2013

Cara Rawat Senar bass


Cara Merawat Senar pada Bass

Menjaga senar agar tetap bersih adalah satu hal yang paling penting, karena tingkat kebersihan pada senar akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. sekarang saya akan memberikan sedikit tips untuk merawat senar :

Biasakan untuk selalu mengelap senar dengan kain kering setiap sehabis main bass. Hal ini untuk menghilangkan bekas keringat yang menempel pada senar. keringat yang menempel di senar akan mengakibatkan senar cepat berkarat dan kotor. dan jangan lupa untuk selalu masukan kedalam softcase/hardcase.


Selama seminggu sekali bersihkan senar dengan menggunakan cairan pembersih khusus senar yang bisa dibeli di toko alat musik. ada alternatif lain selain menggunakan pembersih khusus, yaitu kamu bisa menggunakan minyak Singer/minyak mesin (yang biasanya digunakan untuk mesin jahit), caranya menggunakannya:


  • siapkan kain bersih dan kering
  • tuangkan sedikit saja minyak mesin ke kain (*jangan menuang terlalu banyak, jika terlalu banyak, senar    akan jadi sangat licin).
  • bersihkan senar satu-persatu menggunakan kain yang sudah di tuangkan minyak mesin

  • Sebulan sekali rebuslah senar selama 5-10 menit dengan air mendidih. cara ini mungkin memang masih kontroversi apakah baik untuk senar atau tidak, tapi menurut pengalaman saya hasilnya cukup memuaskan dan suaranya tidak buruk/tetap terjaga.

    Letakkan bass di tempat yang kering dan tidak lembab, hindari meletakkan di pojok ruangan karena biasanya daerah tersebut lebih lembab daripada daerah lain.

    Jika kira-kira bass tidak dimainkan dalam kurun waktu yang cukup lama (misalkan kamu pulang kampung), kedorkanlah senar kira-kira 2 sampai 4 putaran, hal ini untuk menghindari membengkoknya neck bass karena adanya tarikan dari senar.

    Belilah senar sesuai kebutuhan, misalkan kamu mw bermain slap maka carilah senar yang tidak terlalu tebal, ukuran 40 menurut saya adalah ukuran yang pas untuk slapping. untuk permainan yang lebih low gunakan senar yang lebih tebal. tapi perhatikan juga kekuatan dari neck, karena jika neck tidak kuat menahan tarikan dari senar akan beresiko bengkok atau melintir.

    No comments :

    Post a comment