Heartless Background

Monday 16 July 2012

Tips Berhenti Merokok



Cerita Singkat ;
Sehabis makan baik itu pagi, siang maupun malam buat aku pribadi dulu haruslah ditutup dengan beberapa batang rokok Sampoerna kalau tidak mati rasanya badan ini(hahaha... segitunya...). menurut saya yang paling tidak bisa saya tahan adalah setelah memakan makanan yang gurih - gurih wajib hukumnya merokok cckkkkk(emang agama wajib), ditambah lagi, nongkrong ma teman - teman, didepan Laptop sampai kegiatan - kegiatan lain, sampai - sampai ke kamar kecilpun harus merokok beberapa batang (maaf sampai kearah yang jorok  saya ceritakan, karena itulah kenyataan yang saya alami pada saat saya perokok berat). 

Itulah sepenggal kisah saya selama merokok, Menurut saya pribadi berhenti merokok sangat menguntungkan, baik itu secara jasmani dan materi, tapi menurut saya yang terpenting adalah Jasmani atau kesehatan, karena materi ataupun uang bisa dicari, tapi kalau Kesehatan tidak.

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihentikan. Mungkin bisa dibilang kebiasaan buruk yang sudah menjadi faktor negatif dalam pola hidup. Tak hanya laki-laki perempuan pun sebagian kecil mempunyai kebiasaan merokok.

Mengingat saya yang telah merokok selama ini maka saya minimal 2 bungkus /hari dan sering lebih : (. x seminggu x sebulan x setahun... berapa banyak racun yang masuk kedalam tubuh tuhh dan berapa duit???.....




Sering saya perhatikan kebanyakan orang berhenti merokok karena sakit parah, dikarenakan sakit yang dideritanya cukup parah dan beberapa kali dinasehati oleh dokter/ tim kesehatan maka siperokok tersebut berhenti (itupun terkadang mengulangi kembali setelah sembuh), sangat disayangkan : (. Tetapi tidak bagi saya, saya berhenti karena memang niat saya ingin STOP MEROKOK. Ini tidak hanya saya yang bisa melakukannya, termasuk anda juga bisa melakukannya. Niatlah yang paling utama yang harus punya tanpa Niat sama saja dengan 0 X 0 = 0 besaaaaar.

Para perokok mungkin mempunyai alasan kenapa mereka merokok. Berikut ini mungkin beberapa alasan/motivasi yg membuat mereka menjadi perokok, baik aktif maupun pasif :

  • Karena suasana hati yg tdk enak, emosi, bete, boring jadi saya lampiaskan dengan cara merokok biar merasa lebih baik.
  • Karena kebiasaan yg sudah menjadi rutinitas kalau setelah makan (sarapan, makan siang, makan malam) saya pasti merokok.
  • Ketika minum kopi pasti sambil merokok (ngopi tanpa rokok tdk lengkap rasanya).
Itulah mungkin beberapa alasan kenapa mereka merokok, apakah anda punya alasan lain kenapa anda merokok?

Baiklah terlepas dari itu semua, tidak kalah pentingnya bagi anda para ahli hisap, dibawah ini saya akan berbagi bagaimana cara yang harus lakukan agar bisa berhenti merokok :
  1. Niat (anda harus punya niat untuk berhenti merokok)
  2. Konsisten dalam menjalankannya. Dengan satu contoh : Bila anda pergi keluar rumah atau pergi dari suatu tempat entah apalah itu, pada saat itu rokok anda tertinggal ditempat tersebut, jangan anda kembali untuk mengambil rokok tersebut, atau anda membelinya warung. Disini Keikhlasan anda sangat diuji harus kuat untuk tidak menjemput rokok tersebut.
  3. Optimis/yakin kalau anda bisa dan mampu untuk berhenti merokok
  4. Hindari segala kemungkinan yg menyebabkan anda merasa ingin sekali merokok
  5. Ganti rokok dengan cara memikirkan apa dampak penyakit yang kita dapat dan menggerogoti tubuh kita akibat dari kebiasaan merokok.
  6. Kurangi jumlah rokok yg anda konsumsi per harinya,semakin hari harus semakin sedikit jumlah rokok yang dikonsumsi,
  7. Buatlah daftar/list dan pola pikir kenapa anda harus berhenti merokok, misalnya :
  •  Saya harus berhenti merokok supaya hidup jauh lebih sehat
  • Biar berat badan bertambah maka saya harus berhenti merokok (bagi yang mempunya badan kurus dan ingin gemuk).
  • Biar bisa berhenti merokok, maka saya harus berhenti minum kopi, dll.
      8. Olahraga teratur
      9. Katakan TIDAK!!! pada rokok.

Tips-tips diatas harus dilakukan secara kontinyu sehingga dengan tidak langsung akan menjadi sebuah kebiasaan baru untuk anda.

NB :

  • Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri.
  • Bagi Saudara yang maniak kopi, disaat minum kopi tidaklah harus ditemani oleh rokok, karena itu presepsi salah dan kebiasaan yang harus dihilangkan.
  • Artikel ini saya buat terkhusus buat yang perokok berat, itupun tergantung saudara yang mau mencoba atau mengamalkannya, saya hanya membantu.
Selamat mencoba.
Djangan toenda sampai besok apa jang bisa kamoe lakoekan hari ini, GOOD LUCK dari Efan Manaloe

3 comments :

  1. niat yg terutama... posisi lagi berlatih mengurungkan niat ini bang.

    ReplyDelete
  2. mudah-mudahan dengan tekat yang bulat pasti akan berhasil.

    ReplyDelete
  3. bagus sekali tipsnya cocok untuk perokok aktif

    serum wajah

    ReplyDelete