Heartless Background

Wednesday 4 December 2013

5 kerugian Akibat Sering Begadang


Beberapa orang terpaksa begadang karena ada tugas yang harus diselesaikan. Namun jika begadang dihabiskan untuk sesuatu yang tidak berguna, kebiasaan tersebut membawa dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Menjadi bodoh
Sebuah penelitian menyebutkan kalau siswa yang suka begadang cenderung mendapat nilai yang lebih rendah. Sebab ketika kurang tidur, seseorang biasanya akan mengalami gejala sakit kepala, mudah lupa, dan sulit konsentrasi. Kesimpulannya, terlalu sering begadang bisa membuat seseorang jadi bodoh.

Menghancurkan memori
Tidur berfungsi untuk merekam kembali kejadian yang dialami sepanjang hari dan menyimpannya dalam bentuk memori. Hal tersebut gagal dilakukan jika seseorang suka begadang. Akibatnya, memori tidak akan tersimpan dan seseorang mudah lupa akan suatu hal.

Sulit konsentrasi
Seperti yang sudah disebutkan, begadang memberi dampak buruk berupa kesulitan untuk berkonsentrasi. Akibatnya, seseorang tidak mampu mengingat dengan baik dan kehilangan berbagai informasi penting yang seharusnya diterima.

Tubuh protes
Ketika begadang, tubuh seolah bersemangat dan mendukung aksi terjaga sepanjang malam. Namun sebenarnya tubuh merasa kesakitan dan seolah protes agar aksi begadang dihentikan.

Beresiko stroke
Sering begadang sewaktu muda mampu meningkatkan risiko stroke ketika tua nanti. Hal tersebut disampaikan oleh peneliti. Selain memberi dampak buruk dalam jangka pendek, begadang ternyata tetap membawa efek negatif untuk jangka panjang.

Jika hal tersebut tak ingin terjadi, jangan terlalu sering begadang di malam hari. Penuhi jadwal tidur setidaknya tujuh sampai delapan jam dalam sehari.

No comments :

Post a Comment